Ciri-Ciri Skripsi Yang Wajib Anda Tau

Ciri-Ciri Skripsi Yang Wajib Anda Tau

Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib disusun oleh mahasiswa sebagai syarat gelar akademis dan syarat lulus perguruan tinggi.

Skripsi yang ditulis mahasiswa berdasarkan konsentrasi keilmuan yang dipelajarinya sebagai tugas akhir untuk dapat menuntaskan program sarjana strata 1 atau s1. Dalam penulisan skripsi tersebut memiliki aturan dan juga format yang jelas serta sistematis. Menurut drs. Jarwanto Skripsi itu sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa program sarjana dari hasil-hasil penelitiannya atas dasar analisis data primer dan analisis data sekunder. Skripsi itu sendiri digunakan untuk menilai inisiatif mahasiswa untuk melihat kemampuannya untuk merencanakan, melaporkan, sampai dengan mempresentasikan proyeknya. Mahasiswa itu sendiri bekerja secara mandiri pada skripsi dibawah bimbingan dosen yang disebut dengan dosen pembimbing atau yang biasanya pada kalangan mahasiswa menyebutnya dengan dosbing. Pada umumnya dosen pembimbing berjumlah 2 orang serta menggunakan istilah dosen pembimbing 1 dan dosen pembimbing 2.Sehingga skripsi itu merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian mahasiswa sarjana srata satu yang membahas hasil penelitiannya sesuai dengan kaidah penulisan serta aturan skripsi. Skripsi itu sendiri merujuk pada karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan yang terdapat hasil penelitian sarjana seperti pembahasan suatu fenomena atau permasalahan dalam suatu bidang ilmu yang berdasarkan kepada kaidah-kaidah yang berlaku. Kaidah-kaidah ini biasanya berbeda dari perguruan tinggi satu dengan perguruan tinggi yang lain. Akan tetapi, secara umum kaidah-kaidah dasarnya sama.

Ciri-Ciri Skripsi

Terdapat karakteristik dari skripsi itu sendiri, sehingga dengan adanya ciri-ciri ini dapat membantu anda dalam proses menyelesaikan skripsinya. Berikut ciri-ciri skripsi, yaitu:

  1. Sebagai salah satu dari karakteristik karya ilmiah, sehingga dalam skripsi dibutuhkan metode ilmiah dalam proses penyusunan dan juga penelitian. Hasil dari penelitian dikaji serta didasarkan pada suatu permasalahan ataupun fenomena yang ada serta relevan dengan penelitian yang dilakukan pada saat sebelumnya. Pemecahan masalah dalam menyelesaikan skripsi sesuai dengan bidang keilmuan yang sudah diminati. Ditulis sesuai dengan pedoman penelitian atau penulisan skripsi yang dibuat pada setiap perguruan tinggi. Ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baku, terkecuali pada bidang ilmu keahlian yang tertentu ditulis seperti menggunakan bahasa inggris atau bahasa yang sesuai dengan bidangnya. Pembahasan dari cara membuat skripsi disusun dengan berdasarkan hasil dari penelitian atau observasi dilapangan. Dalam proses penulisan skripsi dibimbing oleh dosen yang biasa disebut dengan dosen pembimbing. Karya tulis adalah karya yang asli bukan hasil dari plagiat, sehingga dalam proses ini di perguruan tinggi sering menggunakan alat untuk mengecek plagiat seperti plagiarismchecker dan yang lainnya.

Bagi anda yang sedang melakukan proses menyelesaikan skripsi, mungkin beberapa ciri-ciri skripsi diatas dapat membantu anda untuk menambah wawasan. Sehingga anda dapat dengan mudah menyelesaikannya. Karena skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang harus disusun oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar akademis serta sebagai syarat lulus dari perguruan tinggi.