3 Situs Aplikasi Cek Plagiat Artikel Gratis, Pastikan Karya Anda Asli Bukan Jiplakan

3 Situs Aplikasi Cek Plagiat Artikel Gratis, Pastikan Karya Anda Asli Bukan Jiplakan

Anda bisa mengecek plagiarisme menggunakan situs aplikasi cek plagiat artikel yang bisa diakses secara gratis di internet. Aplikasi ini bisa mendeteksi dan menemukan bagian mana saja dari artikel yang dicuri oleh orang lain.

Di era keterbukaan ini kerap kita menemui oknum-oknum yang melakukan tindakan tercela copy-paste artikel dan digunakan untuk keperluan pribadi tanpa izin dari pemiliknya. Mereka sama sekali tidak menyertakan sumber artikelnya di daftar pustaka atau mencantumkannya di catatan kaki. Tindakan yang disebut plagiat ini tak bisa dibenarkan dengan alasan apapun.

Plagiat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri.

Siapa saja yang merasa melakukan perbuatan plagiat seperti dimaksud di atas, sebaiknya segera berhenti dan membuat karya atau tulisan orisinil buatan sendiri. Pasalnya plagiat atau plagiarisme tak hanya tercatat sebagai perbuatan tercela, namun juga berkonsekuensi hukum dan bisa dituntut atas pelanggaran hak cipta. Skenario terburuk ini tentu tak diinginkan oleh semua pihak. Oleh sebab itu, bagi yang ingin membuat artikel harus berhati-hati dalam mengutip atau mencari sumber referensi. Cobalah menghargai hasil karya orang lain dengan mencantumkan referensi yang dipakai.

Laten plagiat ini juga menjamur di kalangan blogger dan content creator. Alih-alih menghasilkan artikel yang cepat dan banyak, mereka tanpa malu menjiplak hasil artikel orang lain. Hal ini tak hanya merugikan orang lain, namun juga merugikan diri sendiri, jika pembaca mengetahui website Anda berisi artikel hasil plagiat, kredibilitas website artikel.co.id Anda akan turun dan pembaca perlahan-lahan pergi karena kehilangan kepercayaan dengan Anda.

Demi menghindari kemungkinan yang tak diinginkan tersebut, Anda bisa mengecek tulisan di situs aplikasi cek plagiat artikel sebelum mengunggahnya di laman website. Berikut ini situs-situs aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme.

1. SmallSEOtools

Aplikasi SmallSEOtools adalah aplikasi cek plagiat artikel yang paling populer untuk memeriksa keaslian sebuah artikel. Biasanya para content writer dan para blogger kerap menggunakan SmallSEOtools untuk mengecek tingkat keaslian artikel yang dibuat atau mendeteksi plagiat.

SmallSEOtools menyediakan jasa gratis tanpa registrasi. Tampilan antarmuka situsnya juga mudah dipahami.

Cara menggunakannya juga relatif mudah yakni dengan membuka situsnya, pilih menu plagiarisme checker, copy dan paste artikel pada kolom yang disediakan. SmallSEOtools juga menyediakan kolom untuk meletakkan URL. Kemudian klik tombol Periksa Plagiarisme dan tunggu sebentar hasilnya akan segera keluar. Hasil yang dikeluarkan SmallSEOtools berupa presentase keaslian artikel.

Selain mengecek plagiarisme, SmallSEOtools juga bisa menawarkan fitur Grammar Check, Reverse Image Search, Word Counter, What is My IP, PDF To Word Converter, Internet Speed Test, dan SEO checker.

2. DupliChecker

Duplichecker merupakan situs aplikasi cek plagiat artikel yang mudah dan ringan. Caranya bisa langsung copy dan paste tulisan dalam kolom yang telah disediakan. Duplichecker membatasi jumlah yang bisa dideteksi hanya sampai 1000 kata saja. Selain itu, juga bisa dengan meletakkan URL nya di kolom yang disediakan.

Tak butuh waktu lama, jika terdeteksi ada plagiat, akan muncul hasil berupa link konten yang diplagiasi. DupliChecker juga bisa memunculkan pemberitahuan tentang berapa persen keaslian artikel. Selain itu, DupliChecker juga bisa melakukan pengecekan grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker, dan lain-lain.

3. Copyscape

Situs aplikasi cek plagiat artikel gratis selanjutnya adalah Copyscape. Aplikasi ini bisa mengetes seberapa jauh tulisan Anda terdeteksi plagiat.

Kekurangannya, situs aplikasi ini hanya bisa mendeteksi tulisan artikel yang sudah diunggah di laman website. Caranya yakni dengan menuliskan alamat URL atau link website artikel yang diinginkan ke kolom pencarian yang disediakan di Copyscape.

Tiga situs aplikasi cek plagiat artikel di atas bisa gunakan gratis tanpa biaya. Namun jika menginginkan fitur lengkap dari situs aplikasi di atas, Anda bisa mengakses yang berbayar.