3 Cara Cek Backlink Website Dengan Menggunakan Webmaster, Mudah Dan Cepat!

3 Cara Cek Backlink Website Dengan Menggunakan Webmaster, Mudah Dan Cepat!

Backlink adalah sebuah cara yang paling ampuh untuk meningkatkan sebuah website yang dimiliki oleh kita. Secara umum, memakai backlink di suatu blog maupun website yang ada memiliki dampak yang baik dan sangat bermanfaat untuk situs web kita.

Mungkin anda yang masih pemula belum mengetahui dengan cara cek backlink website dengan mudah. Tetapi, anda tak perlu khawatir dengan hal ini, karena setelah pembahasan yang mengenai beberapa kontes desain logo. Selanjutnya, kami akan menjelaskan tentang cara-cara termudah dalam mengecek backlink website. Simak pembahasan berikut ini.

1. Mencari Tools lewat Webmaster

Dibawah ini sudah tersedia tools yang sangat penting untuk mengikuti cara pengecekan website.

  • Akun Google.
  • Akun SEMrush.
  • SEOquake Browser Extension.

Bagi anda yang tidak memiliki akun SEMrush, maka cobalah untuk mendaftarnya terlebih dahulu dengan memakai suatu email aktif dari anda.

Langkah yang berikutnya, anda dapat memasang tools yang berupa SEOquake Browser Extension, browser dengan dukungan Google Chrome, Opera, Safari hingga Mozilla Firefox. Tekanlah pada bagian menu addons atau Extension Browser dengan mengetik nama SEOquake, kemudian klik instal. Selanjutnya, anda dapat melakukan pencarian di Google, lalu anda dapat melihat hasilnya.

2. Kaitkan SEMrush Analisis dengan Webmaster

Cara cek backlink website yang selanjutnya adalah anda harus mengkaitkan SEMrush analisis dengan Webmaster. Dimana ini bertujuan agar dapat menilai dan juga melihat Domain Score atau Trusted Score secara langsung yang berasal dari Webmaster, khususnya backlink yang menjadi milik anda. Masuk di “Google Search Console”, lalu anda akan melihat menu yang terdapat di bagian kiri, dimana anda akan memilih Lalu Lintas Penelusuran, lalu Tautan ke Situs Anda.

Setelah itu, anda bisa melihat tampilan yang berupa daftar backlink yang terarah di website anda. Agar dapat terkait dengan SEMrush, dimana anda bisa menekan “Connect” pada Get Trust metrics with free SEMrush account – Connect. Kemudian, masuklah dengan memakai akun SEMrush. Tentu saja anda akan melihat tentang daftar domain hingga backlink yang mengarahkan di situs anda.

Kliklah “More” sehingga anda bisa melihat lebih banyak. Apabila tidak terjadi, maka gunakanlah jalan alternatif dengan memakai fitur milik Google Webmaster, dan fiturnya adalah Disavow Links.

3. Tutorial menggunakan Fitur Disavow Links di Webmaster

Sebenarnya, cara cek backlink website bisa dibilang sudah selesai jika anda tidak bermasalah dan tidak harus memakai jalan alternatifnya. Tapi, jika anda harus memakai fitur tersebut, maka anda harus mengunduh Latest Links, lalu tandai link atau domain yang menjadi keinginan anda. Sebelum lanjut, anda harus tahu kalau fitur tersebut berfunsi agar bisa lihat perubahan dari Algoritma Google.

Anda bisa membuat file yang berekstensi *.txt. Kemudian, anda dapat memasukkan link/domain yang sudah ditandai. Langkah yang selanjutnya anda bisa menyimpannya dengan memakai nama format yang sesuai dengan anda. Masuklah pada halaman dari fitur tersebut, lalu memilih Properti situs – Disavow links. Upload format anda yang tadi, dan kemudian memilih “Submit”, lalu klik “Done”.