Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Secara Negatif

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Secara Negatif

Perkembangan media sosial sekarang ini menjadi sangat pesat, tidak hanya orang dewasa saja yang bisa memainkan media sosial. Bahkan sekarang ini, remaja pun juga pasti sudah memiliki media sosial seperti Instagram dan lain sebagainya. Jika digunakan dengan baik, maka media sosial bisa memberikan banyak keuntungan dan juga bisa bermanfaat. Namun sayangnya sekarang ini banyak sekali orang yang menggunakan media sosial dengan tidak bertanggung jawab. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif yang harus diketahui. Berikut adalah rangkuman pentingnya!

  1. Meningkatkan cyber bullying

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif yang pertama adalah jika tidak digunakan dengan baik maka media sosial ini rawan meningkatkan cyber bullying atau dalam artian merundung lewat media sosial. Sekarang ini banyak sekali remaja yang mungkin mendapatkan bully-an atau justru dia menjadi pelaku bullying di media sosial kepada temannya. Hal itu bisa berdampak negatif dan juga memberikan pengaruh psikologis yang cukup besar bagi si korban. Hal ini merupakan salah satu dampak negatif yang sangat merugikan bagi remaja.

  1. Remaja jadi kecanduan dan lupa waktu

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif yang kedua adalah media sosial jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka bisa membuat remaja jadi kecanduan terhadap media sosial dan akibatnya mereka jadi lupa waktu. Karena mereka merasa asik dengan dunia media sosial mereka, maka mereka jadi kecanduan untuk terus membuka sosial media mereka dan bisa berujung lupa waktu. Yang mana tentunya akan sangat merugikan bagi para remaja, karena mereka bisa jadi lupa waktu belajar kemudian lupa waktu ketika mereka harus melakukan quality time dengan keluarganya.

  1. Meningkatkan kemalasan

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif yang ketiga adalah bisa meningkatkan kemasalan pada remaja. Karena jika sudah asik dengan media sosial mereka maka itu bisa meningkatkan rasa malas mereka. Misalnya saja, sebenarnya itu waktunya mereka belajar atau waktunya mereka ikut les namun mereka lebih asik main dengan sosial media mereka. Yang mananya remaja harusnya waktunya mengeksplor banyak hal jadinya tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik karena sudah kecanduan media sosial.

  1. Mempengaruhi gaya hidup

Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif yang selanjutnya adalah ternyata media sosial ini juga bisa mempengaruhi gaya hidup seseorang. Namanya remaja pasti mereka masih belum memiliki pendirian dan masih labil. Ketika mereka melihat temanya memiliki sesuatu yang baru kemudian diunggah di media sosial mereka maka itu bisa membuat mreka jadi ingin memilikinya dan natninya bisa mengubah gaya hidup mereka.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda semuanya mengenai Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja secara negatif. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya!