Mau Melamar Lowongan Penulis Artikel? Hindari Kesalahan Berikut

Mau Melamar Lowongan Penulis Artikel? Hindari Kesalahan Berikut

Lowongan penulis artikel saat ini terus bermunculan karena kebutuhan para blogger akan konten-konten baru. Meski begitu, menjadi penulis lepas bukanlah hal mudah karena banyak kesalahan sering dilakukan terutama oleh pemula. Tentunya harus dihindari karena dapat berakibat fatal pada blog.

Alasan inilah yang membuat para writer artikel baru mendapatkan seleksi sangat ketat. Proses seleksi ini bukan hanya berupa pengetahuan saja, tapi sangat ditekankan memiliki ketelitian. Jika Anda ingin melamar sebagai freelancer, hindarilah berbagai kesalahan menulis seperti ulasan di bawah ini.

Kesalahan Penulisan Artikel yang Harus Dihindari

Kesalahan pertama pada penjudulan. Judul artikel itu seharusnya menarik, dengan kata lain mampu membuat orang yang membaca tertarik mengklik link konten tersebut. Inilah alasan kenapa konten bagus tidak semuanya laku terbaca. Jika judulnya asal-asalan, maka tidak dapat menarik mata pengunjung.

Para pembaca pasti akan mencari informasi di Google dengan kata kunci sesuai preferensi mereka. Misalnya mereka mencari artikel mengenai “tutorial hijab segitiga”. Pasti akan muncul ratusan tulisan dengan pembahasan serupa, tapi yang diklik pengunjung adalah artikel dengan judul paling menarik saja.

Kesalahan lain ada pada saat baru memulai bekerja di lowongan penulis artikel suatu perusahaan selanjutnya adalah meng-copy tulisan. Anda harus tahu kalau copy paste atau menjiplak adalah kegiatan yang tidak boleh dilakukan. Lebih baik menulis artikel buatan sendiri tapi original.

Saat Anda akan melamar ke loker penulis, Anda sebelumnya akan dites mengenai cara penulisan suatu konten. Selain tidak boleh copy paste, konten yang dibuat tidak boleh memiliki typo atau kesalahan penulisan. Mungkin kalau dilakukan beberapa kali saja masih tidak masalah, tapi kalau berkelanjutan pasti di protes klien.

Sama seperti typo, syarat konten lolos untuk melamar pada lowongan penulis artikel juga harus memiliki sub judul. Kesalahan umum yang dilakukan writer pemula adalah artikel tidak dilengkapi dengan sub judul sehingga terlalu panjang. Tentu membuat para pembaca merasa bosan.

Pelamar Lowongan Penulis Artikel yang Kurang Konsisten

Banyak para penulis pemula yang baru bekerja selama beberapa bulan sebagai pekerja lepas tapi berhenti. Hal ini karena sikap kurang konsisten dari para penulis tersebut. Konsistensi harus dimiliki setiap writer karena nantinya antara job yang dikerjakan dan uang yang dihasilkan akan sebanding.

Kesalahan terakhir dan wajib diketahuii sebelum melamar pada syarat melamar lowongan kerja adalah soal teori. Mungkin saat masih tergolong penulis baru, egonya sangat besar dalam mengerjakan konten berisi teori yang ada. Padahal jika seperti ini, bisa saja pembaca menganggap konten Anda hanya basa-basi tapi tidak ada isinya.

Kadangkala para writer melakukan kesalahan fatal saat membuat konten yaitu terlalu banyak melakukan promosi. Hal ini umumnya dilakukan dengan meletakan outbound link berlebihan. Tentu kalau terlalu banyak, para pengunjung bakalan merasa kurang nyaman saat membaca, wajib batasi penggunaannya.

Blog yang bagus dapat dibangun dengan konten baik juga. Sangat penting untuk para blogger maupun content writer, wajib mengetahui kesalahan saat menulis sehingga saat sudah diterima kerja di lowongan penulis artikel dapat memproduksi konten yang bermanfaat.