Mau Desain Label Makanan Ringan Yang Menarik? Simak Dulu Infonya

Mau Desain Label Makanan Ringan Yang Menarik? Simak Dulu Infonya

Pada saat membuat sebuah produk, pasti anda akan memerlukan media promosi yang berupa sosial media, konten artikel (teks) atau video promosi hingga pada desain yang menarik untuk kemasan produk tersebut. Desain yang menarik, maka anda akan mendapatkan hasil promosi yang lebih baik ketika pemasaran produk tersebut dijalankan.

Namun, sebelum anda memasarkan produk tersebut, maka akan menjadi lebih baik anda memperhatikan pembuatan label produk makanan ringan yang dimiliki oleh anda. Nah, untuk pembahasanya yang lebih lengkap bisa disimak ulasan berikut ini.

Hal-hal Penting yang Harus Dicantumkan

Ada empat hal penting yang harus diketahui oleh anda dalam label makanan ringan yang dimiliki oleh anda. Berikut 4 hal tersebut.

  • Sertifikat halal
  • Izin Depkes
  • Izin PIRT
  • Izin dari BPOM

Desain Label Makanan Ringan dengan dua Cara

Ada dua cara yang dapat digunakan oleh anda dalam mendesain label produk makanan ringan anda. Yuk kita simak uraian yang berikut ini.

1. Desain Label Makanan Ringan dengan cara Disablon Plastik

Label makanan ringan bisa menggunakan cara disablon plastik. Umumnya, sablon plastik merupakan suatu teknik pencentakan gambar di media plastik, dan biasanya dapat digunakan sebagai wadah makanan. Membuat label dengan cara disablon plastik dapat menjadi lebih rapih tulisannya, gambarnya hingga desainnya juga akan terlihat lebih menarik. Hal ini dikarenakan tak ada kertas ataupun benda yang lain pada kemasan makanan tersebut.

Akan tetapi, anda harus tahu kalau cara yang seperti ini juga memiliki kekurangannya. Dalam hal ini, anda membutuhkan biaya yang cukup besar. Kenapa demkian? Sebab, dengan memakai kemasan plastik yang akan disablon akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Apabila anda baru pertama kali dalam memulai usaha yang berindustri seperti ini, tentu hal ini akan membuat anda menambah beban. Memungkinkan juga kalau ini akan berpengaruh terhadap harga jual dari produk yang makanan yang dimiliki oleh anda.

2. Membuat Label Makanan Ringan dengan cara Disablon Kertas

Selain itu, desain label makanan ringan juga bisa menggunakan cara disablon kertas. Anda dapat menggunakan cara yang seperti ini jika anda memiliki budget yang minim. Pasalnya, cara ini akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan cara yang pertama diatas.

Meskipun demikian, tapi anda harus tahu ini cukup berbahaya buat produk makanan ringan yang mengandung minyak.  Jadi, jika membuat label produknya dengan cara yang seperti ini, maka minyak tersebut akan meresap hingga pada label kertasnya. Tentunya ini dapat membuat tinta yang berada di label kertas tersebut akan menjadi luntur sehingga bisa membahayakan kesehatan manusia.

Akan tetapi, anda dapat mengatasinya untuk masalah yang seperti ini, anda dapat memasukkan label produk makanan ke dalam suatu plastik yang kecil serta tipis. Dan kemudian anda bisa meletakkannya dibagian depan dari kemasan makanan tersebut.