Langkah-langkah Cara Membuat Skripsi

Langkah-langkah Cara Membuat Skripsi

Penggunaan skripsi harus ditulis dengan mengikuti pedoman atau panduan penulisan skripsi dan menggunakan bahasa yang baku, hal ini menjadi bagian dari karya ilmiah. Skripsi itu sendiri memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mahasiswa agar berpikir secara ilmiah dan logis dari suatu fenomena tertentu dengan menyajikannya secara terstruktur dan sistematis. Skripsi itu sendiri terdapat bab satu, bab dua, bab tiga, bab empat, sampai bab lima. Membuat skripsi berarti melakukan proses penelitian dan penelitian menjadi sebuah proses yang tidak linier, sehingga dapat berulang kali melakukan bimbingan skripsi yang merupakan proses pendidikan sama halnya guru kepada siswanya seperti profesional content writer yang artinya dosen memberikan saran, petunjuk dan yang lainnya. Selain itu, membuat skripsi juga berulang kali melakukan proses revisi, karena revisi itu menjadi bagian dari skripsi.

Langkah-langkah Cara Membuat Skripsi

Proses penelitian, bimbingan sampai revisi menjadi bagian yang utama untuk membuat skripsi. Untuk proses penyusunan atau pembuatan skripsi memiliki perbedaan pada setiap perguruan tinggi yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi dilihat secara umum kaidahnya hampir sama. berikut langkah-langkah cara membuat skripsi, yaitu:

  1. Pada saat pengajuan judul skripsi biasanya mahasiswa menentukan topik penelitian serta mencari penelitian pendukungnya. Bentuk mini proposal berisi tentang judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, variable, metode, serta teknik analisis. Selanjutnya anda mengajukan proposal skripsi jika judul sudah disetujui oleh dosen pembimbing satu dan dua, proposal skripsi dibagi menjadi tiga bab seperti bab 1, bab 2, dan bab 3. Setelah itu melakukan seminar proposal skripsi jika sudah mendapat persetujuan dari kedua dosen pembimbing dan mahasiswa mempresentasikan proposalnya dengan dosen pembimbing, dosen penguji atau yang disebut validator. Jika mahasiswa sudah melakukan seminar proposal, maka mengajukan izin penelitian atau pengumpulan data biasanya melibatkan institusi atau lembaga lain, untuk pengumpulan data didasarkan pada instrument yang sudah dibuatnya, jika sudah memperoleh data dan dianalisis selanjutnya menuliskan bab empat dan bab lima. Setelah itu melakukan ujian skripsi yang menjadi langkah pada saat penelitian selessai dan hasil penelitian dianalisis dan disusun pembahasan serta mahasiswa mempresentasikan hasil karya ilmiah pada dosen pembimbing dan dosen penguji siding tugas akhir. Yang terakhir setelah hasil ujian diterima dengan adanya revisi, mahasiswa harus segera melakukan revisi sesuai dengan adanya masukan dari dosen pembimbing maupun dosen penguji.

Bagi anda yang akan membuat skripsi, mungkin beberapa penjelasan dari langkah-langkah cara membuat skripsi diatas dapat membantu anda, sehingga anda dapat mengetahui serta menambah wawasan untuk anda. karena untuk skripsi itu sendiri menjadi salah satu karya tulis ilmiah dari mahasiswa yang dibimbing oleh dosen pembimbing untuk syarat mendapatkan gelar akademiknya.