Bagaimana Cara agar Website Terindex Di Google?

Bagaimana Cara agar Website Terindex Di Google?

Pernah merasa bahwa sudah posting konten banyak dan berkualitas tapi hasilnya belum maksimal bahkan kalah dari yang postingannya lebih sedikit? Bisa jadi, karena konten kamu belum terindeks oleh Google. Namun, bagaimana cara agar website terindeks di Google?

Terindeks bisa dikatakan dikenali atau ditandai oleh Google. Ketika konten atau website Anda sudah dikenali oleh Google maka akan muncul di hasil pencarian sesuai dengan keyword yang dimasukkan oleh user.

Sayangnya, proses indeks oleh Google ini bisa dikatakan mudah-mudah susah. Website harus ditemukan lebih dahulu sebelum akhirnya disimpan dalam Google Index. Google Index inilah yang akan menyimpan data atau informasi mengenai halaman website yang sudah diindeks.

Jika Anda menggunakan jasa buat website yang professional, maka Anda tidak perlu bingung lagi. Namun, jika sebaliknya, maka Anda harus mempelajari mengenai cara pengindeksan Google.

Cara agar Website Bisa Terindeks oleh Google

Bagaimana Cara agar Website Terindex Di Google?
Bagaimana Cara agar Website Terindex Di Google?

Cara agar website terindeks di Google yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan website ke Google Console. Setelah itu, Anda harus membuat sitemap terlebih dahulu.

Apakah sudah selesai? Tentu belum.

Anda perlu mempertimbangkan keyword yang akan Anda gunakan. Riset persaingan keyword dan kompetitor harus dilakukan.

Kenapa? Agar Anda tahu keyword apa yang perlu digunakan apalagi jika website Anda berkaitan dengan bisnis.

Semakin tepat keyword yang digunakan maka Google akan lebih mudah mengindeks. Dengan begitu, Google akan memunculkan halaman atau website Anda ke hasil pencarian sesuai keyword yang user masukkan.

Jika Anda mampu untuk riset keyword dengan baik, maka Anda perlu memperhatikan konten seperti artikel yang Anda buat. Untuk konten artikel, ada perubahan yang cukup signifikan dan melakukan copy paste artikel tidak diperkenankan sama sekali.

Berapa banyak jumlah katanya? Setidaknya, Anda harus membuat artikel dengan 300 kata. Jadi, hindari membuat konten artikel dengan jumlah kata kurang dari 300 kata.

Jika konten sudah dibuat, maka selanjutnya Anda bisa melakukan cara ini agar URL tersebut diindeks oleh Google:

  • Masuk ke Google Console.
  • Di bagian “periksa semua URL di…”, paste-kan URL halaman website yang ingin di indeks lalu enter.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Nantinya, akan muncul halaman inspeksi URL. Di bagian ini, klik bagian “minta pengindeksan”.
  • Tunggu prosesnya selesai.
  • Setelah itu muncul notifikasi jika pengindeksan diminta. Maka klik ok untuk mengakhirinya.
  • Jika halaman sudah terindeks maka di halaman inspeksi URL akan berubah dari “minta pengindeksan” menjadi “minta lagi”. Jika Anda belum mendapati perubahan tersebut, maka coba indeks sekali lagi.
  • Untuk pengecekan lebih yakin, buka google dan ketikkan “site:urlyangAndaindeks” (tuliskan tanpa tanda petik di kolom pencarian Google).
  • Jika terindeks, akan muncul url atau artikel yang dengan URL yang Anda masukkan.
  • Proses pengindeksan selesai.

Dengan cara agar website terindeks di Google tersebut, website atau halaman website Anda akan dikenali oleh Google.