4 Kriteria Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menggunakan SEO

4 Kriteria Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menggunakan SEO

Perkembangan internet saat ini mendorong setiap orang untuk lebih maju dan kreatif. Termasuk bisnis yang saat ini sudah banyak pebisnis online yang memanfaatkan internet sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnisnya. Keuntungan yang didapat juga cukup menjanjikan. Selain itu bisnis online yang terbilang cukup fleksibel memungkinkan pebisnis untuk dapat melakukan promosi dimana saja kapan saja.

Dalam sebuah website, menjadi salah satu hasil pencarian teratas di mesin pencari juga merupakan keuntungan sendiri. Para pengguna wbeiste dapat menggunakan SEO untuk mengoptimalkan webistenya agar masuk dalam urutan teratas hasil pencarian. Bagi pebisnis, penggunaan SEO dapat meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan baru karena direkomendasikan oleh mesin pencari, sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Ada beberapa kriteria bisnis yang cocok untuk menerapkan SEO agar promosi yang dilakukan dapat maksimal. Apa saja kriterianya ?

Keyword yang dicari sesuai dengan produk yang ditawarkan

Jika menggunakan SEO, kamu harus memastikan apakah benar bisnis yang sedang kamu kelola banyak dicari di mesin pencari. Cara mengetahuinya, kamu bisa memanfaatkan fitur tools gratis seperti Google Keyword Planner. Cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan kata kunci yang relevan dengan bisnismu, dan Google Keyword Planner akan menampilkan hasil berapa jumlah pencarian dengan keyword tersebut dalam sebulan. Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan keyword tersebut jika hasil penggunaan keyword minimal 500 kali dalam sebulan.

Produk berbeda dengan marketplace

Beberapa produk yang umum biasanya tersedia di marketplace. Maka, ketika orang lain mengetikkan contohnya pakaian, website marketplace akan berada di urutan paling atas hasil pencarian tersebut. Bagi kamu yang sedang merintis bisnis dan mempromosikannya melalui website, kamu memerlukan waktu yang cukup lama untuk bersaing dengan marketplace. Jika dirasa sumber daya yang dimiliki masih dirasa jauh dibawah si marketplace, lebih baik mempromosikan produk lain yang belum banyak dijual oleh marketplace.

Mau menunggu lama

Proses pengerjaan SEO tidaklah sebentar. Bahkan bisa memakan waktu sekitar 6 bulan bahkan 1 tahun. Jika tingkat persaingannya tinggi, bahkan bisa lebih lama lagi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak mengharapkan keuntungan selama proses SEO ini berlangsung. Karena pada dasarnya SEO adalah trik marketing untuk jangka panjang. Sehingga disarankan penggunaan SEO saat profit bisnis sudah stabil.

  • Pastikan bisnis tersebut memiliki keuntungan yang lumayan

Karena menunggu terlalu lama, sebaiknya kamu tahu bisnis yang kamu lakukan ini akan mendatangkan profit yang lumayan. Sebab akan dirasa sebanding dengan waktu yang kamu habiskan selama proses SEO berlangsung.

Jadi, bisa dikatakan pebisnis yang cocok menggunakan SEO adalah tipe business to business (B2B) yang biasanya adalah perusahaan. Sebelum kamu memutuskan menggunakan SEO, ada baiknya kamu lakukan pencocokan apakah bisnis kamu memerlukan SEO dan sesuaikan dengan sumber daya yang kamu miliki. Sebab keuntungan yang didapat tidaklah instan.