4 Cara Cek Jumlah Pengunjung Website dengan Mudah

4 Cara Cek Jumlah Pengunjung Website dengan Mudah

Mengecek jumlah pengunjung website sebaiknya dilakukan dengan rutin. Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan cara cek jumlah pengunjung website dengan menggunakan tools seperti berikut.

  • SimilarWeb
4 Cara Cek Jumlah Pengunjung Website dengan Mudah
4 Cara Cek Jumlah Pengunjung Website dengan Mudah

SimilarWeb menjadi salah satu website untuk mengecek jumlah pengunjung website.  Keunggulan dari SimilarWeb, diantaranya:

  1. Gratis.
  2. Mudah digunakan.
  3. Bisa diupgrade untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.
  4. Cukup akurat.

Untuk menggunakannya, maka Anda hanya perlu untuk masuk ke SimilarWeb. Setelah itu, copy paste domain yang ingin Anda cek misalnya domain website tentang inspirasi desain. Kemudian enter dan tunggu hasilnya.

Nantinya, Anda akan mendapatkan data seperti bounce rate, page per visit, durasi kunjungan, grafik pengunjung selama 5 bulan terakhir. Dari hasil data ini, Anda bisa menggunakannya untuk riset sebelum bekerja sama dengan pemilik website atau evaluasi.

  • Ubersuggest

Ubersuggest bisa menjadi alternatif kalau Anda ingin mengecek trafik secara gratis. Walaupun begitu, Anda tetap bisa mengupgrade ke premium untuk fitur yang lebih lengkap.

Bagaimana cara cek jumlah pengunjung website dengan Ubersuggest? Caranya adalah:

  1. Masuk ke ubersuggest.
  2. Copy paste domain yang ingin anda cek lalu rubah bagian negaranya. Misalnya Indonesia karena Anda ingin tahu trafik dari Indonesia. Lalu klik search.
  3. Tunggu dan Anda akan mendapatkan data di bagian kolom overview. Setidaknya, Anda akan mendapatkan grafik pengunjung selama 5 bulan terakhir.

Jika Anda ingin mencetak halaman yang jumlah pengunjungnya paling banyak, klik bagian top pages di menu sebelah kiri.

  • Siteprice

Biasanya, siteprice digunakan untuk menghitung harga dari suatu website. di website ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai trafik dan ranking dari website yang Anda cek. Untuk penggunaannya, Anda tidak perlu membayar sepeserpun.

Apa saja yang diperoleh? Walaupun tidak selengkap tools lain untuk cek trafik, akan tetapi, data di Siteprice cukup lengkap, diantaranya:

  1. Estimasi jumlah pengunjung per harinya.
  2. Frekuensi pengunjung mengunjungi website tersebut.
  3. Waktu rata-rata untuk mengunjungi website tersebut.
  • Ahrefs SEO Toolbar

Sama halnya seperti Ahref yang biasanya, Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk menggunakan Ahrefs SEO toolbar. Bedanya dengan Ahref yang biasanya adalah Ahrefs SEO toolbar ini berbentuk extension browser sedangkan Ahref yang biasa berbentuk website.

Jadi, setelah Anda berlangganan, Anda harus menginstal extension browser di browser yang biasanya Anda gunakan. Extension ini hanya bisa dipasang di Google Chrome dan Mozilla.

Setelah itu, aktifkan extensionnya. Jika sudah aktif, akan toolbar yang muncul setiap kali Anda berkunjung ke halaman website.

Data yang disajikan berupa metric yang menunjukkan estimasi jumlah trafik per bulannya di halaman yang sedang Anda buka. Dengan cara ini, jika Anda hanya mencari estimasi jumlah trafik websitenya, Anda tak perlu lagi membuka website Ahref dan mengecek.

Lewat cara cek jumlah pengunjung website di atas, Anda bisa lebih mudah mencari tahu statistic pengunjung baik di situs pribadi atau orang lain. Selamat mencoba!